Kenapa Bagian Samping Kulkas Panas/Hangat

Beberapa hari setelah membeli kulkas LG baru, saya sempat agak khawatir karena ternyata dinding kanan dan kiri kulkas terasa hangat ketika diraba. Berbeda sekali dengan kulkas lama saya (Sharp) yang suhu bodinya biasa-biasa saja. Ada apa ya?

Menurut halaman bantuan LG Indonesia, ada 2 penyebab yang membuat bagian samping kulkas terasa panas. Pertama, karena pipa hot line yang dipasang di dinding samping. Kedua, musim panas yang mengakibatkan kondensasi menjadi lebih sulit.


Karena saya ingin tau apakah kondisi tersebut juga terjadi pada kulkas lainnya, saya juga mencari informasi serupa dari website Samsung. Ternyata sama saja. Koil kondensornya ditanam di dalam dinding samping kulkas sehingga suhunya menjadi hangat selama kulkas dihidupkan.

Dengan kata lain, apa yang dialami oleh kulkas baru saya tersebut adalah wajar dan bukan pertanda kerusakan apapun juga.

Sekarang, 1 tahun lebih sejak membelinya, kulkas LG satu pintu tersebut masih dalam kondisi yang baik. Yang jadi masalah cuma baunya, tapi bisa diatasi dengan beberapa solusi alami ini.

Sekedar klarifikasi, masalah bau tersebut adalah kondisi umum yang terjadi pada hampir setiap kulkas.

Sedangkan untuk kulkas Sharp, suhu dindingnya normal karena koil kondensornya terletak di luar pada bagian belakang kulkas. Berhubung usianya sudah 20 tahun lebih dan badan luarnya sudah tidak mulus lagi, kulkas awet tersebut akhirnya dijual.

Postingan populer dari blog ini