Cara Merebus Telur Setengah Matang & Matang Sempurna Serta Mudah Dikupas

telur setengah matang

Telur rebus yang sempurna biasanya ditandai dengan kuning telur yang lembut dan tidak ada lingkaran hijau di sekeliling kuning telur. Mendapatkan telur rebus yang sesuai keinginan (matang sempurna maupun setengah matang) memang bukan perkara mudah, apalagi kalau kamu tidak tau cara yang tepat untuk melakukannya. Terkadang telur terlalu lama direbus, terkadang kurang lama direbus, sehingga muncul pertanyaan, berapa lama waktu yang diperlukan untuk merebus telur?

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur tergantung pada apakah kamu ingin telur yang matang sempurna atau setengah matang, ukuran panci yang digunakan, jumlah telur yang hendak direbus, suhu udara, dan volume air untuk merebus. Namun demikian ada beberapa aturan dasar yang bisa diikuti seperti yang dilansir dari blog The Kitchn dan Simply Recipes.

1. Masukkan telur ke dalam panci, lalu isi panci dengan air setinggi 1 inci.

Agar telur mudah dikupas, pilihlah telur yang sudah memiliki cukup usia. The Kitchn dan Simply Recipes sama-sama menyarankan untuk memilih telur yang sudah seminggu atau 2 minggu berada di kulkas.

Yang jadi pertanyaan, dari mana kita tahu sudah berapa lama telur-telur tersebut berada di swalayan atau pasar sebelum kita membelinya? Untuk itu, silahkan baca Cara Mengetahui Telur Yang Segar, Hampir Busuk dan Busuk

2. Atur besar api kompor agar panci memperoleh panas yang tinggi dan biarkan hingga air mendidih. Jangan tutup panci.

3. Begitu air mendidih, matikan api kompor. Tutup panci dan biarkan berada di atas kompor. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit. Berapa lama?

  • Untuk mendapatkan telur setengah matang yang masih berair: 3 menit
  • Untuk mendapatkan telur setengah matang yang masih sedikit berair: 4 menit
  • Untuk mendapatkan telur setengah matang yang kuningnya masih agak lembek: 6 menit
  • Untuk mendapatkan telur matang yang kuningnya lembut: 10 menit
  • Untuk telur rebus yang benar-benar matang secara keseluruhan: 15 menit

4. Angkat telur dari dalam panci dengan sendok saringan atau alat dapur lainnya. Pindahkan semua telur ke dalam mangkuk yang berisi air es atau air dingin untuk menghilangkan suhu panasnya sehingga proses pematangannya benar-benar berhenti total.

5. Agar telur lebih mudah dikupas, setelah beberapa saat direndam dalam air dingin hingga telur tidak lagi begitu panas, ketukkan telur pada meja untuk meretakkan kulitnya di beberapa bagian, lalu rendam lagi di dalam air dingin tersebut dan diamkan selama kurang lebih 1 menit (jangan lakukan langkah no.5 ini untuk telur setengah matang yang masih berair)

Kalau kamu memasak beberapa telur sekaligus, kamu bisa mengorbankan satu telur untuk memeriksa tingkat kematangannya. Jika ternyata telur tersebut sudah matang sesuai selera, segera angkat telur lainnya dari panci dan rendam di air dingin.



Postingan populer dari blog ini