Cara Menghilangkan Bau Mulut Agar Mulut Tak Lagi Berbau Tidak Sedap

Tidak ada orang yang mau memiliki masalah bau mulut yang tidak sedap, tapi sayangnya masalah ini diderita oleh banyak orang. Bau mulut yang tidak enak bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi Anda yang profesinya menuntut untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain.

Banyak yang enggan untuk berbicara jarak dekat, kredibilitas turun, kepercayaan diri menurun, dan ujung-ujungnya berpengaruh negatif terhadap prestasi pekerjaan maupun pergaulan.

cara menghilangkan bau mulut

Bau mulut mungkin seperti sebuah masalah yang sepele, namun dampaknya bisa sangat merugikan. Untungnya, ada banyak cara untuk menghilangkan bau mulut. Selain dengan obat kumur, Anda juga bisa mencoba mengatasi bau mulut dengan cara-cara alami yang sudah terbukti ampuh.

Ya, bau mulut memang dapat dihilangkan dengan cara alami, jadi tidak harus tergantung pada obat-obatan tertentu seperti obat kumur. Akan tetapi, untuk bisa benar-benar mengatasi bau mulut yang menyengat secara alami, selain dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang alami, Anda juga harus memperbaiki kebiasaan-kebiasaan yang membuat bau mulut susah untuk diatasi. Bagaimana caranya?

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami


1. Konsumsi buah-buahan, sayuran dan teh hijau

Foto: Pixabay

Dr. Harold Katz menyarankan untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, B, C dan E untuk menghambat bakteri penyebab bau mulut (sumber: TheraBreath).

Selain buah-buahan berserat tinggi, drg. Citra Kusumasari, SpKG, juga menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, daun mint, roti tawar dan teh hijau. (sumber: Kompas)

2. Bersihkan gigi secara teratur.

Foto: Pixabay

Nasihat ini mungkin sudah sering kita dengar sejak kecil hingga dewasa, namun sayangnya banyak yang masih mengabaikannya. Gosoklah gigi secara teratur minimal dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Akan lebih baik lagi jika Anda rajin menggosok gigi setiap kali habis menyantap makanan. Bila Anda bisa melakukannya secara ajeg, selain mengatasi bau mulut, gosok gigi juga akan membuat gigi senantiasa putih.

Yang lebih penting lagi, gosoklah gigi dengan benar.

Untuk sisa-sisa makanan yang sulit dikeluarkan dari sela gigi, gunakan benang gigi untuk membersihkannya hingga tuntas.

3. Berhenti merokok

Foto: Pixabay

Perokok berat pada umumnya punya bau mulut yang sangat mengganggu. Menurut situs kesehatan gigi TheraBreath, merokok dapat meninggalkan partikel asap di dalam tenggorokan dan paru-paru. Selain itu, kandungan kimiawi dalam rokok juga tertinggal di dalam mulut. Itulah sebabnya mengapa perokok berat biasanya identik dengan nafas yang tidak sedap (sumber: TheraBreath.com).

4. Rajin-rajinlah berkumur

Untuk membantu mengurangi bau mulut, sebisa mungkin sering-seringlah berkumur, terutama jika tidak sempat untuk menggosok gigi sehabis menyantap makanan.

Foto: Pixabay

Catatan: Mungkin Anda pernah menemui saran untuk berkumur dengan air garam hangat. Akan tetapi, menurut seorang dokter gigi bernama Dr David Kerr, penggunaan air garam sebagai air kumur dapat mengikis lapisan enamel gigi bila dilakukan dalam jangka panjang. (Sumber: todaysdentistry.com.au)

5. Hindari makanan penyebab bau mulut.

Foto: Pixabay

Makanan-makanan yang berbau menyengat biasanya menyebabkan bau mulut jadi tidak karuan. Contohnya, jengkol dan bawang. Karena itulah, usahakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

6. Mencegah mulut kering

Ketika kita bangun tidur, pada umumnya bau mulut pasti tidak enak. Hal tersebut dikarenakan tidak aktifnya otot-otot di rongga mulut dan sedikitnya saliva (air liur) yang dihasilkan.

Foto: Pexels

Untuk menjaga agar kondisi mulut tetap lembab, Dr. Harold Katz yang seorang bacteriologist dan pendiri California Breath Clinic menyarankan untuk meminum air putih dan mengunyah makanan seperti permen karet bebas gula (sumber: CNN.com).

7. Bersihkan lidah.

Tidak semua bakteri yang berdiam di mulut berdampak negatif terhadap bau mulut. Ada sejumlah bakteri yang justru membantu melindungi mulut dari halitosis. Sayangnya, sebagian orang cenderung memiliki lebih banyak bakteri penyebab bau mulut. Untuk mengatasinya, Bruce Paster, seorang peneliti dari Institut Forsyth di Boston, menyarankan untuk menyikat lidah dua kali sehari dan menggunakan produk perawatan mulut yang mengandung zinc (sumber: abcNEWS).

Foto: Pixabay

Catatan: Jika mulut terasa selalu kering, ada kemungkinan faktor penyebabnya adalah obat-obatan yang Anda konsumsi. Silahkan konsultasikan masalah tersebut ke dokter untuk mengatasinya.

8. Cara Lain Mengatasi Bau Mulut
  1. Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.
  2. Gunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidin / hidrogen peroksida tanpa alkohol untuk menjaga mulut tetap lembab.
  3. Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan gigi.
  4. Jika Anda memiliki gigi berlubang, pastikan untuk menambalnya.
  5. Pastikan Anda tidak mengidap halitofobia (sering merasa cemas akan bau mulut padahal kondisi mulutnya termasuk wajar)
Dari berbagai cara mengatasi bau mulut yang sudah dijabarkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa anda perlu melakukan empat hal utama:
  1. Membersihkan gigi dan lidah secara teratur.
  2. Menjaga produksi saliva (air liur).
  3. Mengkonsumsi vitamin.
  4. Menahan diri untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang dapat membuat mulut berbau tidak sedap.
Demikianlah berbagai cara menghilangkan bau mulut yang disusun berdasarkan referensi dari situs-situs yang kredibel dan juga dari sejumlah pakar kesehatan. Semoga dapat membantu agar bau mulut yang tidak sedap dapat cepat teratasi.

Postingan populer dari blog ini