Cara Mengetahui Telur Busuk, Hampir Busuk dan Segar

Membeli telur dalam kemasan di supermarket kadang ada tanggal kadaluarsanya atau tanggal packingnya, tapi tidak halnya ketika anda membeli telur di pasar atau toko non-swalayan. Ini yang bikin repot.

Tanpa mengetahui tanggal kadaluarsa, anda mungkin akan sulit menentukan berapa lama telur-telur tersebut bisa disimpan.

Akibatnya, terkadang mungkin anda pernah mendapati telur yang baru dibeli beberapa hari ternyata sudah busuk ketika hendak memasaknya.

Ada cara sederhana untuk mengatasi masalah ini. Yang anda perlukan hanyalah segelas air atau wadah lainnya yang ukurannya agak tinggi.



Cara Mengetahui Kesegaran Telur


1. Siapkan air dalam sebuah wadah, lalu cemplungkan satu atau beberapa telur kedalamnya.
2. Jika telur tenggelam dalam posisi mendatar, berarti telur tersebut masih segar.
3. Jika telur tenggelam dalam posisi berdiri, telur tersebut masih bisa dikonsumsi, namun sebaiknya anda segera memasaknya sebelum keburu busuk.
4. Jika telur mengambang di permukaan air, artinya telur tersebut sudah melewati masa primanya. Namun demikian, jangan langsung dibuang. Coba pecah telur tersebut untuk memastikan kondisinya. Kalau memang sudah amis dan tampilannya tidak seperti biasanya, jangan dikonsumsi.

Mengapa bisa demikian? Cangkang telur memiliki pori-pori yang memungkinkan udara masuk ke dalam. Semakin tua usia telur, semakin besar rongga udara yang terbentuk sehingga telur akan mengambang ketika dimasukkan ke dalam air.

Artikel Terkait: Cara Merebus Telur Setengah Matang & Matang Sempurna Serta Mudah Dikupas

Postingan populer dari blog ini