Usir Bau Kulkas Tak Sedap dengan Penyerap Bau dan Pengharum Alami

Bau kulkas itu khas, apalagi setelah listrik mati selama berjam-jam. Dibilang 'khas' karena memang agak susah mendeskripsikan baunya. Amis kagak, busuk juga tidak, tapi benar-benar tidak nyaman di hidung.

Terkadang sekalipun kulkas dalam kondisi menyala, masih juga tetap tercium aroma busuk. Kalau sudah begini biasanya ada makanan atau minuman yang kelupaan karena isi kulkas yang penuh dan tidak teratur. Lupa, lupa, akhirnya basi.


Dinding plastik kulkas yang menyerap bau juga membuat aromanya semakin menyengat. Ini kulkasnya masih menyala lho, bayangkan saja gimana baunya kalau kulkas dibuka setelah berjam-jam mati dan didalamnya ada yang membusuk.

Beli produk pengharum kulkas? Ya, memang praktis, tapi lebih baik mencoba solusi yang alami terlebih dulu. Lagipula belum tentu pengharumnya mempan, kan jadi sayang tuh duit terbuang sia-sia.

Setelah intip sana sini akhirnya terkumpullah beberapa solusi yang patut untuk dicoba. Buat yang sudah tidak tahan dengan bau kulkasnya yang kadang mungkin sampai bikin megap-megap, yuk simak tipsnya berikut ini.


1. Cari dan Singkirkan Penyebab Bau di Dalam Kulkas


Terkadang kamu mungkin lupa dengan makanan tertentu sampai akhirnya makanan tersebut membusuk. Ini sering terjadi ketika isi kulkas benar-benar penuh dengan makanan dan tidak hanya kamu yang menyimpan makanan di dalam kulkas. Bisa saja yang lupa bukan kamu, melainkan ibu, anak atau lainnya.

Kalau kulkas berbau busuk, mau tidak mau sumbernya harus dicari. Matikan kulkas terlebih dulu agar hemat listrik, lalu keluarkan makanan satu-persatu untuk dicek. Lihat kondisi makanan dan endus baunya. Buang makanan yang baunya sudah tidak sedap lagi atau yang baunya tidak normal.

Sejumlah sayuran dan buah mengeluarkan cairan yang aromanya menusuk hidung ketika membusuk. Hati-hati dalam mengeluarkannya agar cairannya tidak tercecer kemana-mana. Lebih baik lagi kalau kamu menyiapkan kantung plastik atau tempat sampah di dekat kulkas sehingga makanan yang membusuk bisa langsung dibuang.

Untuk minuman dan makanan kemasan, cek tanggal kadaluarsanya. Buang yang sudah expired. Jangan malah ditenggak.

Untuk yang tidak ada tanggal kadaluarsanya, cari dan perhatikan tanggal pengepakan atau tanggal penjualan pada kemasannya. Kalau sudah terlalu lama, bongkar kemasannya lalu cek isinya. Buang kalau ternyata sudah basi.

Khusus untuk telur, gunakan cara ini untuk memeriksa tingkat kesegaran telur tersebut.


2. Cek Isi Kulkas dan Bersihkan Secara Teratur


Periksalah isi kulkas secara menyeluruh setidaknya satu kali dalam seminggu untuk memastikan tidak ada yang membusuk. Pemeriksaan secara rutin ini sangat membantu untuk mencegah agar tidak ada makanan yang terlupa dan terabaikan di dalam kulkas.

Setelah diperiksa, bersihkan kulkas dengan air sabun atau dengan larutan pembersih alami seperti berikut ini:

Cuka: Campurkan cuka dengan air hangat dalam sebuah wadah. Lalu bilas seluruh permukaan kulkas beserta rak-raknya dengan kain lap atau spon.

Baking Soda: Baking soda terkenal sebagai bahan alami pembersih yang dapat menyerap bau. Untuk membersihkan kulkas secara tuntas, campurkan baking soda dengan air, lalu gunakan kain lap untuk membilas kulkas.

Garam: Segenggam garam yang dilarutkan ke dalam air hangat dalam sebuah ember kecil juga bisa digunakan sebagai cairan pembersih untuk melenyapkan bau kulkas. Pastikan larutannya encer agar tidak ada butiran garam yang nyangkut di spon sehingga kulkas tidak tergores.


3. Tambahkan Pengharum Alami di dalam Kulkas



Hanya melenyapkan penyebab bau saja tidak cukup. Terkadang bau busuk tetap bertahan berhari-hari setelah penyebabnya disingkirkan.

Sebelum mempertimbangkan untuk membeli produk pengharum kulkas, cobalah beberapa pengharum alami berikut ini:

Lemon

Lemon memiliki aroma wangi yang tajam dan menyegarkan sehingga sering dipakai sebagai bahan pembersih dan pengharum. Untuk mengharumkan bau kulkas, iris lemon menjadi beberapa potongan kecil, tampung potongan-potongan tersebut secara terpisah di dua wadah atau lebih, lalu masukkan wadah-wadah tersebut ke dalam kulkas secara terpisah.

Bubuk kopi

Bubuk kopi dapat menyerap sekaligus mengusir bau tidak enak yang menyengat. Caranya, tuang sejumlah bubuk kopi ke dalam sebuah wadah seperti mangkuk, lalu masukkan ke dalam kulkas. Cara ini lebih awet ketimbang potongan lemon yang harus dibuang ketika aromanya sudah memudar.

Ekstrak Vanilla

Celupkan bola kapas ke dalam ekstrak vanilla, lalu taruh di rak atas di dalam kulkas.


4. Gunakan Penyerap Bau Alami


Aroma lemon dan bubuk kopi yang cukup menusuk mungkin tidak begitu disukai oleh sebagian orang. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan penyerap bau alami yang tidak mengeluarkan aroma tajam.

Baking Soda

Tampung baking soda di dalam sebuah wadah, kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Kertas Koran

Selain dapat melenyapkan bau sepatu, kertas koran juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau tak sedap dari kulkas. Caranya, remas kertas koran dan semprot dengan air sebelum ditaruh di dalam kulkas.

Selain diremas, kertas koran juga bisa membantu mengurangi bau di dalam laci kulkas dengan menggunakannya sebagai alas.

Pasir Kucing

Ada pasir kucing yang harum, ada juga yang tidak memiliki aroma. Kalau merasa aneh dengan bau harum pasir kucing, pilihlah yang tidak memiliki aroma.

Kentang

Kulitnya tidak usah dikupas, langsung diiris saja. Setelah itu, masukkan irisan-irisan tersebut ke beberapa tempat di dalam kulkas.

Arang

Ada yang menggunakan arang hitam, ada juga yang membeli butiran arang karbon.


Itulah cara-cara untuk melenyapkan bau kulkas yang tidak enak. Dari semua cara di atas, saya memilih untuk menggunakan bubuk kopi dan irisan lemon. Khusus untuk lemon, kalau merasa sayang hanya dipakai untuk mengharumkan kulkas, buat saja minuman lemon terlebih dulu. Irisan-irisannya yang sudah diperas kemudian dimasukkan ke dalam kulkas sebagai pengharum. Dijamin tidak ada lagi bau tak sedap yang dapat membuat mual ketika membuka pintu kulkas.



Postingan populer dari blog ini