101 Cara Memisahkan Kuning Telur dan Putih Telur Lengkap Dengan Video

Ada banyak resep kue yang hanya membutuhkan putih atau kuning telurnya saja. Kamu mungkin juga pernah menemui tips perawatan kulit yang memanfaatkan khasiat mujarab telur. Yang jadi masalah, memisahkan kuning telur dari putihnya termasuk gampang-gampang susah. Kadang terpisah sempurna, kadang kuningnya malah hancur.

Disini kamu bisa menemukan semua metode dan tips yang ada untuk memisahkan kuning dan putih telur. Ada yang menggunakan sendok, alat khusus, botol plastik hingga hanya dengan menggunakan tangan.

gambar telur


Agar Putih dan Kuning Telur Lebih Mudah Dipisah


Kuning telur yang berasal dari telur yang segar bentuknya masih bulat dan kaku (1). Seiring makin menuanya usia telur, membran telur semakin melemah dan bentuk kuningnya menjadi semakin datar sehingga mudah pecah ketika cangkang telur dibuka.

Ada juga telur yang memang dari sananya mudah pecah kuningnya meskipun usianya masih segar. Penyebabnya mungkin saja kondisi kesehatan ayamnya yang kurang baik.

Untuk meminimalkan pecahnya kuning telur dan memudahkan pemisahan, simpan telur di dalam kulkas. Telur yang dingin lebih mudah dipisahkan karena putih dan kuningnya tidak begitu berair. Dengan kata lain, lebih kental.


Persiapan Sebelum Kuning Telur Dipisahkan


1. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

2. Siapkan 2 mangkok. Kalau sebelumnya kamu pernah menemui kuning telur yang pecah, pertimbangkan untuk memakai 3 mangkok. Yang pertama untuk kuning telur, kedua untuk putih telur, dan ketiga untuk memecah telur.

Sebagai contoh, misalkan kamu hendak memisahkan 5 telur. Setelah 4 telur berhasil dipisahkan, ternyata kuning telur yang terakhir pecah.

Kalau cuma memakai 2 mangkok, kuning telur tersebut akan tercampur dengan semua putih telur yang ada di mangkok. Akibatnya, putih telur yang tadinya hendak dipakai sebagai bahan resep tidak bisa digunakan lagi.


Cara Memecah Telur


Bagian tengah telur lebih mudah pecah apabila dibenturkan ke bagian pinggir mangkok, tapi risikonya pecahan kulit bisa masuk ke dalam mangkok. Lebih baik pecahkan telur pada alas yang datar seperti meja dapur atau talenan. Gagang sendok makan juga bisa dipakai sebagai alternatif.

Untuk mencegah pecahan kulit cangkang yang masuk ke dalam telur akibat pemecahan yang tidak sempurna, Profesor Sally Solomon menyarankan untuk menggunakan pisau buah. Ketukkan pisau ke bagian tengah telur dengan gerakan pergelangan tangan seperti melempar tali pancing (2).


Cara Memisahkan Kuning Telur Tanpa Atau Dengan Alat


Tidak punya alat khusus? Cukup dengan tangan kosong kamu bisa memisahkan beberapa kuning telur dengan sangat mudah

# Untuk beberapa telur:

1. Pecah cangkang telur dan tuang semua isinya ke dalam piring. Lakukan langkah ini untuk semua telur sampai tidak ada yang tersisa atau sampai wadahnya tidak cukup untuk menampung.
2. Ciduk kuning telur dengan tangan.
3. Diamkan kuning telur sebentar di atas telapak tangan sampai cairan putihnya merembes.
4. Tempatkan kuning telur yang sudah dipisah ke wadah lain.

==Tonton videonya berikut ini==


Video lain yang terkait dengan cara di atas bisa ditonton melalui link ini: https://www.youtube.com/watch?v=NBBHxQgBflU

# Cara alternatif:

1. Posisikan tangan tepat di atas mangkuk.
2. Pecahkan telur dan tuang isinya ke telapak tangan.
3. Biarkan putih telur merembes dari sela-sela jari.
4. Masukkan kuning telur ke mangkuk lain setelah terpisah dari putihnya.



Tidak mau tangan kotor? Pakai sutil dapur

Caranya sama seperti di atas. Sutil bisa digunakan untuk menciduk kuning telur dari piring. Sebagai alternatif, isi telur juga bisa dituang di atas sutil dan biarkan putihnya merembes dari sela-sela sutil hingga kuning telur terpisah.

==Tonton videonya berikut ini==




Bolak-balik kuning telur di atas cangkang sampai terpisah sempurna dari putih telur

1. Ketukkan telur ke permukaan datar untuk memecah bagian tengahnya. Jangan terlalu lembut tapi juga jangan terlalu kencang ketika mengetukkan telur. Usahakan bagian tengah telur terpecah dalam satu ketukan.

2. Hadapkan bagian telur yang pecah ke atas, posisikan telur di atas mangkuk, lalu buka cangkangnya perlahan-lahan hingga terpisah menjadi dua bagian. Awas, jaga jangan sampai kuning telurnya jatuh dari cangkang.

3. Pindahkan kuning telur dari satu cangkang ke cangkang lainnya. Saat berpindah inilah putih telur akan merembes ke sisi cangkang dan kemudian jatuh ke dalam mangkuk. Ulangi terus sampai kuning telur benar-benar terpisah dari putihnya.

==Tonton videonya berikut ini==


Metode cangkang ini tidak direkomendasikan oleh sejumlah pakar kesehatan. Alasannya, risiko kontak antara putih/kuning telur dengan cangkang luarnya lebih besar sehingga dapat terkontaminasi bakteri yang merugikan (3).



Menyedot kuning telur dengan botol plastik

Di antara semua cara yang ada, mungkin trik inilah yang paling populer. Penyebabnya, kuning telur terlihat sangat mudah dipisahkan. Tidak bikin tangan belepotan telur. Modalnya pun cuma sebuah botol plastik seperti botol air minum kemasan.


1. Pecahkan semua telur dan tuang ke dalam mangkuk.
2. Siapkan botol plastik yang tidak tertutup.
2. Pegang badan botol dalam posisi mulut botol menghadap ke bawah.
3. Sambil menekan badan botol, dekatkan mulut botol hingga menyentuh kuning telur.
4. Saat mulut botol menyentuh kuning telur, lepaskan tekanan pada badan botol sedikit demi sedikit. Tekanan udara yang ditimbulkannya akan menghisap telur masuk ke dalam botol.

Jangan melepaskan semua tekanan pada botol di saat telur terhisap masuk karena akan membuat telur terdorong kembali ke luar.

5. Setelah telur masuk ke ujung botol, angkat mulut botol sedikit agar telur lebih masuk ke dalam. Selanjutnya, ulangi langkah 4 - 6 sampai semua kuning telur terhisap masuk.

Trik ini kelihatannya memang mudah tapi tidak semua orang bisa langsung melakukannya. Setidaknya mungkin kamu perlu beberapa kali mencoba untuk mendapatkan 'feeling' yang pas untuk menentukan seberapa kuat tangan menekan botol dan kapan tepatnya tekanan tersebut perlu dilepaskan.



Cukup dengan sendok makan!

Video di bawah ini menunjukkan kalau kita juga bisa menciduk kuning telur dengan sendok makan.




Disaring dengan alat khusus pemisah kuning telur

Setidaknya ada beberapa versi pemisah kuning telur yang bisa dijumpai di berbagai toko online. Rata-rata ditargetkan untuk keperluan dapur rumah tangga dengan harga yang murah meriah. Bahkan ada yang harganya hanya Rp 1000.

Foto: Joel Kramer

Di antara semua saringan telur tersebut, ada yang bisa dijepitkan di atas mangkuk sehingga tidak perlu dipegang saat memecah telur. Ada juga mangkuk yang dirancang khusus untuk menyingkirkan putih telur.

Baca Juga: Cara Mengupas Beberapa Telur Rebus Sekaligus dengan Mudah

Cara Yang Terbaik?

Mana metode yang terbaik? Tergantung selera dan situasi. Kalau tidak ada sutil, misalnya, mau tidak mau kita harus memilih cara lain. Buat yang tidak mau ambil risiko terserang penyakit mungkin memilih untuk menghindari metode membolak-balik telur di dalam cangkang. Setiap cara ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Referensi:
1. http://eggfarmers.org.nz/eggfarmers/wp-content/uploads/2012/04/factors_affecting_egg_quality.pdf
2. http://www.telegraph.co.uk/news/uknews/1324051/Scientists-find-perfect-egg-cracking-method.html
3. http://www.abc.net.au/health/thepulse/stories/2013/12/19/3914780.htm



Postingan populer dari blog ini