Software Pencari Duplikat Gambar Terbaik Sejak Windows 7 Hingga Windows 10

Saya sering mengumpulkan gambar dari internet. Wallpaper, infografis, artis, desain, dan sebagainya. Tidak jarang ada duplikat di sana sini karena kadang tanpa sengaja saya download gambar yang sama lebih dari satu kali.

Ada satu software gratisan yang dari dulu sudah saya pakai buat mencari dan menghapus foto-foto kembar, dan sampai sekarang saya masih belum berhasil menemukan pengganti yang sama bagusnya.

Kelebihannya:

1. Cara penyajian gambar yang membuat perbedaan di antara keduanya gampang terlihat.
2. Penelusuran gambar dan penghapusan bisa dilakukan hanya dengan keyboard dari awal hingga selesai, jadi tidak perlu bolak-balik pindah antara mouse dan keyboard.
3. Tidak perlu diinstall.
4. Ringan dan cepat.

Untuk lebih jelasnya intip saja screenshot di bawah ini.

software pencari foto kembar

Untuk menghapus foto-foto duplikat, biasanya saya taruh kursor mouse di gambar paling kiri. Setelah itu, saya hanya perlu menekan tombol down arrow (panah bawah) pada keyboard untuk berpindah dari sebuah gambar ke gambar berikutnya, dan menekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus gambar duplikat.

Berikut ini adalah software pencari duplikat gambar lain yang sudah saya bandingkan tapi tidak ada satu pun yang memberi kemudahan seperti yang sudah saya jelaskan di atas:

Duplicate Photo Finder
Awesome Duplicate Foto Finder
AllDup
VisiPics
AntiDupl

Software andalan saya tersebut namanya ImgSearch.

ImgSearch ini software lama yang sepertinya sudah tidak diurus lagi oleh developer-nya, tapi masih berfungsi dengan baik sewaktu saya pakai di Windows 10 versi 1909. Kalau untuk versi 2004, saya tidak tahu masih bisa dipakai atau tidak karena belum upgrade ke versi tersebut (maklum, masih banyak bug, katanya sih sampai bikin bad sector segala).

Kekurangan terbesar ImgSearch, tidak mendukung drag and drop. Tapi biasanya saya akali dengan menyalin ImgSearch ke parent folder (folder induk) dari folder yang isinya hendak di-scan, jadi nantinya bisa lebih gampang dalam mencari folder tersebut melalui kotak dialog Browse.

Buat yang pingin nyoba ImgSearch, bisa download dari Softpedia:









Komentar

Postingan populer dari blog ini