Cara Menghilangkan Bau Kulkas dengan Baking Soda Yang Benar

Kulkas bau? Cari penyebabnya, lalu singkirkan. Setelah itu, coba hirup nafas dalam-dalam di depan kulkas yang terbuka, pasti baunya masih ada. Ya iyalah, bau yang menyebar di dalam ruangan sesempit kulkas pastinya sulit keluar karena kulkas jarang dibuka. Akibatnya bau tidak bakal hilang dengan mudah hanya karena biang keroknya sudah dibuang.

Sebenarnya, cara terbaik untuk menghilangkan bau kulkas adalah dengan membersihkan kulkas setelah penyebab bau busuk disingkirkan. Tapi, kalau memang lagi malas atau kebetulan lagi super sibuk, taruh saja segebok baking soda didalamnya.

Tapi, jangan asal taruh, jangan asal buka kotak kemasannya lalu dilempar begitu saja ke dalam kulkas. Di sini nih rahasianya, yang sebenarnya bukan rahasia buat mereka yang sedikit mengerti kimia pangan.



Kalau memang baking soda menjadi solusi yang dipilih untuk menetralisir bau di dalam kulkas, (rahasianya) pastikan untuk menempatkan baking soda di wadah yang permukaannya luas. Misalnya, di piring. Taburkan baking soda secara merata di permukaan untuk hasil yang maksimal.

Kalau masih ada ruang, pilih baki yang ukurannnya lebih besar dari piring, atau nampan yang biasanya dipakai untuk mengantar minuman ke tamu, tapi jangan cobek batu gede yang biasanya buat ngulek sambel, kasian rak kulkasnya.

Intinya, makin lapang permukaan wadahnya, makin efektif baking soda dalam melakukan tugasnya.

Kok bisa? Bau busuk sebenarnya tidak diserap oleh baking soda, melainkan hanya menempel pada permukaan serbuk kristalnya. Proses penempelan ini dikenal dengan istilah adsorpsi (bukan absorpsi).

Karena itulah, kalau baking soda yang ada di dalam kotak hanya sekedar dibuka kotaknya, hasilnya kurang efektif karena bagian atasnya sempit sehingga hanya sedikit butiran baking soda yang terpapar dengan bebauan di dalam kulkas, yang kadang baunya alamak.. bisa menggugah selera untuk muntah :)

Setelah memasukkan baking soda ke kulkas, jangan lupa tutup kulkasnya dan cek keesokan paginya. Lama amat? Kalau tidak sabaran ya cek saja beberapa jam kemudian. Yang juga perlu diperhatikan, baking soda yang berupa basa memang bisa menetralisir bau, tapi baking soda bukan solusi ajaib yang mampu melakukannya dalam hitungan menit. Selain baking soda, masih ada beberapa penetralisir bau alami lainnya yang bisa digunakan untuk kulkas.

Referensi:
Q & A: Uses of Baking Soda. https://van.physics.illinois.edu/qa/listing.php?id=477
Can baking soda really absorb odors in the fridge? https://www.mcgill.ca/oss/article/general-science-you-asked/can-baking-soda-really-absorb-odors-fridge
Home Enlightenment: Practical, Earth-Friendly Advice for Creating a Nurturing, Healthy, and Toxin-Free Home and Lifestyle https://www.goodreads.com/book/show/369841.Home_Enlightenment


Komentar

Postingan populer dari blog ini